Senin, 03 Desember 2012

Analisis Jurnal 2


ANALISIS JURNAL KEDUA
TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAMSUNG ANDROID
HANDPHONE SMARTPHONE

TEMA                          : KEPUASAN KONSUMEN
PENGARANG            : RIZKI AFANDI
TAHUN                       : 2012
JUDUL                    : TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK SAMSUNG ANDROID

1.      Latar Belakang
Samsung adalah perusahaan yang memproduksi beragam peralatan elektrik dan Elektronik di berbagai bidang mulai dari telekomunikasi, peralatan rumah tangga digital, media digital, LCD, dan semikonduktor. Bahkan konglomerasi perusahaan ini telah mencakup bidang Perbankan, Finansial, dan kendaraan bermotor. Berasal dari negeri Ginseng, Korea Selatan, perusahaan ini didirikan pada tahun 1938. Hingga sekarang, Samsung telah beroperasi di 58 Negara.
Salah satu produk elektronik bidang telekomunikasi yang mengangkat nama perusahaan ini adalah Handphone, terutama produk Galaxy Series yang mengangkat Samsung sebagai produsen Handphone Android kelas wahid seantero dunia
Android adalah satu-satunya sistem operasi mobile yang diciptakan oleh Google. Secara virtual mengubah perangkat mobile Anda menjadi PC berukuran mini. Android hadir dengan web browser lengkap dan kemampuan menjelajah Internet, serta akses ke lebih dari 150.000 aplikasi melalui Android™ Market, termasuk Gmail dan Facebook, ditambah kemampuan untuk bermain game, menikmati musik dan video, mengirim pesan teks, dan melakukan panggilan.
Android adalah perangkat lunak open source, yang berarti siapa pun dapat menyempurnakan sistem operasi ini. Dengan demikian, Anda tidak hanya sekedar mendapatkan pengetahuan dari pengembang Google namun juga dari pengembang pihak ketiga. Anda juga dapat mengupgrade ponsel Android ke 2.2 dan mendapatkan manfaat yang sama tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.
Saat ini handphone Samsung seri Android mampu bersaing dengan Apple yang memproduksi iPhone. Dan Samsung Android sudah menjadi ancaman yang cukup besar bagi perusahaan Apple tersebut. Masyarakat pun sangat meminati smartphone Samsung seri Andorid karena fitur-fiturnnya yang sangat canggih dan mudah untuk digunakan. Ada sebagian dari konsumen yang merasa puas dengan fitur-fitur dalam Samsung Android  dan ada juga yang tidak merasa puas. Maka dari itu penulis memilih judul mengenai “Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Samsung Android”.
2.    Masalah
Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Samsung Android ?
3.    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Samsung Android.
4.    Metodologi Penelitian
-       Data
Untuk mengumpulkan data penulis melakukan teknik pengumpulan data dengan membagikan kuisoner kepada pengguna Samsung Android dan kebeberapa pemilik toko yang menjual produk Samsung Android di Jakarta.
-       Variabel
Kepuasan konsumen pengguna Samsung Android
-       Model Penelitian
Matematis
5.    Hasil
Berdasarkan penelitian yang dialakukan penulis, tingkat kepuasan konsumen Samsung Android sangat tinggi. Banyak fitur-fitur dalam Samsung Android yang dapat menunjang kegiatan mereka sehari-hari.
6.    Kesimpulan
Berdasarkan penelitian tingkat kepuasan pengguna Samsung Android jika diberi presentase adalah sebesar 37% dan ketidakpuasan pengguna Samsung Android adalah sebesar 38%. Kepuasan terhadap produk ini diakibatkan oleh beberapa hal seperti harga, dan modelnya yang lebih unggul dibandingkan merek lain. Sedangkan ketidakpuasan konsumen diakibatkan oleh fitur yang kurang lengkap dan MP3 yang yang masih kurang jernih suaranya dibandingkan smartphone merek lain.

Sumber : www.poztmo.com › gadget
                http://digilib.petra.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar